Posts

Homemade Citrus Fruits Drink

Bild
Minuman segar ini bikin badan saya terasa ringan dan semangat kerja nggak terhalang oleh rasa ngantuk ataupun capek hehee! Grapefruits nya saya beri lebih banyak dan rasa agak pahit dari buah tersebut nggak gitu terasa karena mix dengan buah Citrus lainnya, Lemon, Lime dan Orangen. Potong2 tipis Citrus Fruits, letakkan dalam Caraffa atau wadah sesuai selera, beri air dan durasinya juga sesuai selera, bisa juga dengan air hangat, atau juga minuman bersoda sesuai selera dan beri ice cube! Termasuk minuman segar dan sehat buat musim panas, saya lebih suka tuangkan air es saja dan simpan dalam lemari pendingin supaya tahan sampe sore hari. Have a good Activity!

Favorite Dessert !

Bild
Suka sekali baking Chocolate Croissant Bread Puding, yummie! Nyontek idenya Chef Michael Chiarello yang mengkombinasi Puding ini dengan Bourbon Ice Cream Sauce sebagai pelengkap. Resep dasar sama seperti rata2 Puding Bread. Tapi yang ini lebih legit, menurut saya ya. Baking secukupnya dengan kelebihan Croissant kemarin beli di bakery, daripada kering lebih baik diolah. Dan finally Croissant Bread Puding ini jadi dessert favorit kami.
Saya gunakan pinggan atau mangkok medium.

Bahan :

3 buah Croissant Bread, kurleb 350gr.
3 sdm. Brown Sugar
2 btr. Telur
50 gr. Butter
225 ml. Whipped Cream
1/2 sdt. Cinamon Powder
1/2 sdt. Vanila Ekstrak
1-2 sdm. Chocolate Chip
1 sdm. Raisin

Sauce : Bourbon Ice Cream secukupnya, keluarkan dari freezer satu jam sebelumnya, diamkan hingga meleleh.

Cara membuat :

Panaskan oven 200'C

Olesi pinggan atau mangkok tahan panas dengan butter. Masukkan Croissant Bread dalam pinggan.

Sementara itu mixer bahan Butter dan Brown Sugar, tuangkan Telur satu per satu, mixer hingga ken…

Crackers Biscuits Goreng

Bild
Bikin camilan yummie dan simple, ingat masa sekolah, tidak jarang beli biscuits goreng semacam ini di kantin sekolah, tapi di pasar dan toko2 roti biasanya juga ada kok. Waktu itu isinya setahu saya cuma yang ragout, yang memang paling saya sukai, gurihnya yang mantap saat di santap bersama cabe rawit hehee! Buat pendamping minum teh sore hari atau buat bekal sekolah, piknik dll. camilan ini nggak akan membosankan, tentunya bagi yang suka.
Bahan Kulit :
20 lembar Crackers Biscuits, rasa tawar 2 - 3 btr. Telur 1/2 sdm. Terigu 1 sdm. Maizena Minyak Goreng secukupnya
Bahan & Bumbu Isi :
1 siung Bawang putih, haluskan 1/2 sdt. Lada bubuk (hitam/putih sesuai selera) 1 sdm. Margarin 250 ml. Full Milk 50-70 gr. Maizena 1 sdm. Gula 1/2 sdt. Garam 1 sdt. Kaldu Vegi 100 gr. Wortel potong dadu kecil (durasi bisa lebih bila suka) 50 gr. Daun bawang, iris halus 100 gr. Daun Seledri, iris halus
Cara Membuat :
Larutkan maizena dengan sebagian full milk, sisihkan.
Tumis bawang putih dengan margarin…

Baked Omelette

Bild
Kadang ingin sekali ngemil camilan yang nggak harus di goreng, seperti gorengan yummie Bakwan, Tahu isi atau Mendoan dll. Kali ini saya masak yang praktis saja, super praktis! Baked Omelette. Hampir sama seperti Telur Dadar goreng, hanya kali ini di panggang dalam oven. Bahan utamanya tentu saja telur, tapi isian atau campurannya bisa suka2, sesuai selera. Untuk takaran Pinggan atau Loyang kecil, kurleb 15 cm. Garis tengah.
Bahan :
160 gr. Sayuran mix yang telah di iris halus ( Wortel, Kubis, Daun Bawang ) 3 btr. Telur Ayam 30 gr. Keju parmesan parut 1/2 sdt. Kaldu bubuk 2 sdm. Susu cair full krim Margarin secukupnya, untuk mengoles pinggan
Cara Membuat :
Campur Sayuran mix, ratakan dalam pinggan tahan panas yang telah di oles margarin.
Kocok lepas telur, beri keju parmesan. Taburi kaldu bubuk, tuangkan susu cair, lanjut kocok secukupnya. Kemudian tuang di atas sayuran mix dalam pinggan.
Panggang dalam oven 180*C 10-15 menit. Bila suka yang agak kekuningan, kurangi waktu saat memanggan…

Choco Cranberry Bread

Bild
Membuat Roti spesial buat Anak2, kadang perlu berbagai macam cara demi menarik perhatian mereka, supaya kesannya nggak itu2 melulu atau membosankan, saya letakkan adonan roti dalam cetakan muffins seperti ini contohnya, dan mereka suka. Roti ini adonannya agak lembek, dan tentunya masuk dalam kategori roti manis 😊

Bahan :

500 gr. Terigu
7 gr. Ragi Instant/Fermipan
4 btr. Kuning Telur
150 gr. Margarin, lembek
100 gr. Gula pasir
150 ml. Susu cair, hangat2 kuku
 50 ml. Air Es
Garam, sedikit
100 gr. Coklat pasta
50 gr. Buah Cranberry kering
100 gr. Choco Chip
Whipped Cream sedikit untuk olesan

Cara Membuat :

Campur terigu, gula pasir dan ragi instant/fermipan dalam wadah, aduk rata, beri sedikit garam. Tuang margarin dalam adonan terigu, ratakan, beri kuning telur, uleni rata sambil tuang sedikit demi sedikit susu cair hangat dan kemudian air es. Tutup adonan, biarkan selama kurleb 45 menit.

Uleni sekali lagi adonan sambil tuang coklat pasta, buah cranberry kering dan choco chip.

Bentuk bulat adonan roti…

Chicken Tandoori

Bild
Mengikuti Resep simple dasar dari Chicken Tandoori, hanya di ubah sedikit pada takaran bumbu. Dengan Nasi Basmati, Nasi Biryani serta Ketimun Acar saos yogurt akan lebih mantap buat pendamping hidangan ini. Namun bisa juga kita sajikan dengan Jagung bakar maupun Sayuran panggang lainnya, bila suka.
Bahan :
1 kg. Ayam, potong jadi beberapa bagian 200 gr. Yogurt Natur (plain) 3 sdm. air perasan jeruk Lemon 3 sdm. Garam Masala 1 sdt. Garam Halus 1 sdt. Cayenn Powder 1/2 sdt. Kunyit bubuk 2 sdm. Minyak Sayur
Bumbu Halus :
1 Onion 1 Bawang Putih 1-2 cm Jahe segar
Cara Memasak :
1.  Lepaskan ayam dari kulitnya, kemudian potong ayam menjadi beberapa bagian/besar kecil sesuai selera. Letakkan ayam dalam wadah/pinggan datar, taburi garam dan air perasan jeruk lemon, ratakan pada seluruh bagian ayam. Diamkan selama 40 menit.
2.  Dalam wadah tersendiri, campur bumbu halus onion, bawang putih dan jahe, tuangkan garam masala, cayenn powder, kunyit bubuk, minyak goreng dan yogurt, aduk rata. Kemudian…

Bread Chocolate Bars

Bild
Cocok bener kalo diberi judul 'Recycling of Bread' hhehee..! Karena memang sayang kalo ada roti tersisa dibiarkan begitu saja, apalagi kalo rotinya masih bagus, belum berjamur, masih cocok untuk dikonsumsi, mungkin hanya agak keras atau garing, maka baiknya kita daur ulang saja. Buat Bread Chocolate Bars olahan Dapur Judith kali ini, memang roti tersebut yang dibutuhkan sebagai bahan utama setelah chocolate dan telur. Tentu saja ada bahan tambahan lainnya seperti Hazelnuts atau Almond. Nggak pake tambahan terigu ya. Result, perpaduan antara crispy, legit dan moist ciri khas Choco bars ;)
Bahan (untuk satu resep) :
200 gr Roti 200 gr Chocolate Blok 50 gr Mentega 1 btr Telur 200 gr Hazelnut, haluskan secukupnya 100 ml Milk
Cara Membuat :
1. Potong-potong kecil roti, sisihkan. Dalam panci atau kom, lelehkan chocolate bersama mentega dan Milk.
2. Kocok telur sampe putih, tuang dalam adonan Chocolate, beri hazelnut dan potongan roti, aduk rata, tuang adonan dalam loyang persegi bera…